Selasa, 08 Maret 2011

Tahapan Perancangan Pabrik Kimia

Dari semua yang dipelajari di Teknik Kimia, ujung - ujungnya adalah perancangan pabrik kimia. Ada bebeapa hal yang harus diperhatikan dalam perancangan pabrik Kimia. Diantaranya adalah dari segi berapa harga bahan baku dan berapa biaya harga produk. hal inilah yang sangat di pentingkan. tidak mungkin suatu pabrik antara bahan dengan produk lebih mahal bahanya. Suatu contoh harga alkohol dengan ester. Dari segi harga, ester lebih mahal dari pada alkohol. Dari segi pembuatan ester, bisa dibuat dengan direaksikan antara alkohol direaksikan dengan asam. sementara pembuatan alkohol, bisa dibuat antara ester ditambah air. Dari hal ini, keduanya bisa dibuat. tetapi dari segi ekonomi, kita akan mengalami kerugian apabila membuat alkohol dari ester. lebih baik membuat ester dari alkohol.

Tidak hanya itu, dari segi tempat ( land ) ada beberapa tinjauan yang harus diperhatikan. Misalkan, pabrik semen harus dekat dengan bahan baku. karena dari segi proses produksinya akan melangalami kesulitan. Tetapi berbeda dengan pebrik minyak. Pabrik minyak bisa diproduksi jauh dari sumber bahan.
Selain itu kita juga harus melihat kondisi dari pasar. Apakah produk yang akan dijual tepat waktu atau sasaran dalam pemasaranya. Misalkan di Palestina, terjadi proses baby bumb.. Kelahiran besar - besaran. Seorang enginer haruslah faham bahwa 3 tahum kemudian kebutuhan susu akan semakin meningkat. kebutuhan buku atau kertas juga akan meningkat.
Proses dari aktivitas pabrik, pastileh membutuhkan energy untuk emgoperasikanya. energy akan mudah diperlukan pada umumnya kalau terjadi penurunan suhu atau kenaikan suhu selain dari faktor alam. seorang perancan pabrik harusnya sangat teliti dalam hal ini. misalkan ada suatu bahan bahan A memerlukan panas tinggi sementara bahan B memerlukan suhu dingin. Untuk menghemat biaya energy, alangkah baiknya kita bisa menyatukan kedua bahan tersebut. Setelah semua diplaining dengan aik, jangan lupa keselamatan kerja ( safety ). Tidak mungkin suatu pabrik meproduksi suatu produk tidak memeperhatikan keselamatan tenaga kerjanya maupun lingkungan. Mungkin bisa ketika masuk pabrik harus menggunakan masker atau sepatu bot.
Kualitas produk mempengaruhi harga dari produk. Apabila kualitas rendah maka harga juga akan rendah. Maka dar itu sangat penting untuk menjaga kulitas produk.
Balik modal juga harus diperhatikan. Tidak mungkin membuat suatu pabrik modal akan balik kembali selama 30 tahun. Untuk pabrik kimia, diupayakan dibawah 3 tahun sudah balik modal.
Inti dari pembicaraan di atas yang diperhatikan adalah :
- Segi ekonomi
- Time of market
- Prices ( harga terjangkau )
- Safety
- Qualitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar