Senin, 07 Maret 2011

Penyaringan Air

Sebelum melakukan penyaringan, terlebih dahulu kita harus tahu apa yang akan kita pisahkan dari air. Air yang baik adalah tidak berbau, berasa dan bewarna. Filterisasi adalah proses pemisahan antara air dengan partikel-partikel padat dalam suatu campuran yang heterogen dengan menggunakan media-media filter. Filterisasi yang terdapat pada system pengatur proses filterisasi secara otomatis menggunakan air baku dan air tanah. Proses ini bisa kita lakukan dengan menggunakan carbon aktif yang bisa memisahkan partikel yang menyebabkan bau yang tidak sedap dan pasir silika yang berfungsi untuk memisahkan lumpur agar terpisah dengan air. Dari proses ini pada saat air melewati carbon aktif banyak sekali yang harus diperhatikan. karena partikel carbon aktif begitu kecil dan berwarna hitam, dikhawatirkan air akan bewarna hitam karena tekanan air begitu kuat. gunakanlah screen dengan ukuran yang sangat kecil agar carbon aktif tidak ikut mengalir bersama air. Upayakan penyaringan carbon aktif dulu sebelum pasir silika.
Untuk mekanika fluidanya, agar diperoleh air yang bersih bisa dibuat aliran masuk melalui bawah dan keluar diatas penyaring. Hal ini bisa berlaku prinsip dari gravitasi. Meski tekanan tinggi, pasti partikel yang tidak diinginkan akan mudah terpisah.
Proses penyaringan banyak sekali caranya. ada yang sistim bach dan kontinue. Apabila mengendaki proses bach, berikan tawas pada tanki. Sementara proses continue sering digunakan oleh perusahaan air minum berkemasan.

air yang mempunyai kualitas baik adalah air yang disaring. Hal ini dikarenakan kandungan oksigen tetap. Berbeda dengan dimasak. Pemanasan pada air bisa merusak kadar oksigen. Maka dari itu, apabila kita bisa menyaring air, buat apa harus dimasak. kalau takut dengan bakteri, kita bisa menambahkan satu alat. Yaitu sinar UV untuk membunuh bakteri dalam air.
Berikut beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjamin mutu air:
A.Bahan baku
a.Pemeriksaan organoleptik (bau,rasa,warna dan penampakan)
b.sumber air baku harus terlindung dari cemaran E-coli
B.Mesin/Peralatan
Dari aspek mesin atau peralatan yang kontak langsung dengan air harus diperhatikan yaitu:mesin/peralatan yang kontak langsung dengan air harus dibuat dari bahan yang foodgrade.


Parameter yang harus diuji adalah:
- Keadaan air:Bau,rasa,warna
- pH
- Kekeruhan
- Cemaran Mikroba :angka lempeng total,bakteri bentuk coli,penfringers,salmonella


Air yang berkualitas menjaga kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar